Pengertian Ide Pokok

Ide Pokok Gagasan dasar ialah gagasan/ide sebagai dasar peningkatan paragraf. Gagasan dasar ini ada dalam kalimat khusus. Nama lain gagasan dasar ialah ide khusus, ide dasar. Pada sebuah paragraf cuman ada satu gagasan dasar.

Kalimat khusus ialah kalimat yang ada gagasan dasar paragraf. Kalimat khusus ini diterangkan oleh beberapa kalimat lain dalam paragraf itu, yang disebutkan dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat khusus ialah kalimat topik

Gagasan dasar ialah topik sebagai dasar peningkatan paragraf, oleh karena itu wujud kalimatnya selalu umum. gagasan dasar dipisah jadi 3 yang diterangkan dalam artikel ini.

Awalnya sudah diulas mengenai kalimat khusus, nach gagasan dasar ialah pokok atau tujuan baik tertulis atau tersurat dalam kalimat khusus itu.

Dengan pahami gagasan dasar, karena itu ketahui isi yang terdapat di dalam sebuah tulisan jadi lebih gampang dipahami.

Langkah  Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf

Persyaratan pertama ialah tidak malas membaca. Tidak ada suatu hal teratasi bila kita malas membaca.
Dalam kerangka lebih luas, membaca di sini dapat disimpulkan sebagai membaca kondisi, keadaan, atau keadaan. Jika dalam langkah tentukan gagasan dasar, karena itu kamu harus membaca tulisannya.

1. Tentukan Kalimat Khusus

Langkah pertama kali yang dapat kamu gunakan untuk tentukan gagasan dasar ialah tahu mana kalimat khusus. Seperti sudah pada ulasan kalimat khusus, ciri-ciri yang paling mencolok ialah memiliki sifat umum.

Bebaskan kalimat penjelas dan konsentrasi pada kalimat khusus. Itu gagasan dasar paragraf yang kamu baca.

2. Konsentrasi Membaca

Selanjutnya langkah ke-2 ialah langsung membaca satu tulisan sarat dengan konsentrasi yang tidak pecah.

Ataupun lebih gampangnya, sebagai latihan, kamu dapat membaca satu paragraf dengan cermat dan konsentrasi penuh. Dengan demikian satu gagasan atau pokok tulisan yang kamu baca, yang memiliki sifat umum itu gagasan dasarnya.

3. Ringkasan Paragraf

Kamu dapat menulis beberapa poin utama. Misalkan dalam buku ilmiah yang kamu baca, satu paragrafnya gendut-gendut.

Ciri-ciri Gagasan  Ide Pokok  

Gagasan dasar ini berperan sebagai keterangan dari pokok narasi atau satu paragraf dalam suatu narasi, yang maksudnya untuk membuat tiap pembaca memahami ke mana arah narasi itu dan membuat mereka pahami isi narasi yang ada.

Disamping itu pembaca akan dengan gampang ketahui gagasan khusus dalam suatu paragraf, jika kita mengenali apa gagasan khusus yang ada dalam paragraf itu.

Kecuali peranan, ciri-ciri dari sebuah gagasan khusus ini salah satunya yakni :

✓ Jadi pokok dari satu paragraf atau jadi pusat ulasan dalam suatu paragraf.
✓ Memiliki kalimat pengembang atau kalimat sebagai simpatisan atau keterangan dari sebuah pokok narasi.
✓ Gagasan khusus ini dapat berbentuk apa, berbentuk argumen yang memperkuat atau juga bisa berbentuk keterangan.
✓ Berada di kalimat khusus.

Contoh  Gagasan  Ide Pokok

 

Semenjak peristiwa Tsunami di Aceh tahun kemarin, karena itu setiap ada musibah alam yang terjadi di situ digunakan untuk memperoleh uang dari musibah.

Ada beberapa barisan atau organisasi yang tidak bertanggungjawab, yang minta bantuan dengan alasan untuk musibah alam itu.

Umumnya mereka akan minta bantuan di jalan raya, dekat lampu merah, dan tiba ke beberapa tempat tertentu. Bahkan juga ada juga yang mengatasnamakan sebagai Departemen Sosial.

Gagasan Dasar Paragraf di atas adalah sering musibah disebutkan dan jadi adalah sebagai fasilitas agar bisa mengambil uang dari warga.

Gagasan itu ada di dalam kalimat pertama beberapa kalimat yang terdaoat dibawahnya itu adalah memiliki kandungan gagasan penjelas yaitu,

Beberapa dari organisasi atau barisan orang yang tidak bertanggungjawab yang minta bantuan buat mereka korban musibah itu

Mereka itu bekerja pada bis kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan yang lain dengan mengatasnamakan adalah Departemen Sosial.

Gagasan Ide Pokok  Pada Paragraf Deduktif

Banjir menjadi hal yang umum di Kota Jakarta, hal itu disebabkan karena banyak factor. Pertama, sungai atau aliran-saluran irigasi tidak berperan secara baik.

pendangkalan sungai dan susahnya proses normalisasi sungai. kurang pedulinya masyarakat dan beberapa pebisnis pada lingkungan dengan budaya mereka buang sampah dan sampah di sungai.

Paling akhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan yang lain yang membuat tanah sulit meresap air, disamping itu pohon-pohon hijau jadi menyusut dan mengakibatkan kesetimbangan alam terusik hingga jadi banjir.

✔ Gagasan Dasar : Pemicu Permasalahan Banjir di Ibu-kota

✔ Kalimat Khusus : Banjir menjadi hal yang umum di Kota Jakarta, hal itu disebabkan karena banyak factor.

Kalimat Penjelas :

  • Pertama, sungai atau aliran-saluran irigasi tidak berperan secara baik.
  • Pendangkalan sungai dan susahnya proses normalisasi sungai.
  • Kurang pedulinya masyarakat dan beberapa pebisnis pada lingkungan dengan budaya mereka buang sampah dan sampah di sungai.

Sumber Referensi:

 

Posting Komentar

0 Komentar